Tue. Jun 18th, 2024

Jakarta – Pada hari Rabu, tanggal 22 November 2023, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Idham Holik dan Betty Epsilon Idroos, memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Bimbingan Teknis Pemungutan, Penghitungan, dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara, Uji Coba, serta Training of Trainer Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dalam Pemilu Tahun 2024. Rapat tersebut diadakan secara daring dan langsung di Jakarta.

Idham Holik, yang menjabat sebagai Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU, menyampaikan materi substansi mengenai pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu Serentak Tahun 2024. Dalam presentasinya, Idham menjelaskan tentang jadwal dan tahapan pemungutan suara, persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, dan pelaksanaan penghitungan suara. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan dengan lancar dan transparan.

Di sisi lain, Betty Epsilon Idroos, yang menjabat sebagai Ketua Divisi Data dan Informasi KPU, menyampaikan penjelasan mengenai Sirekap sebagai alat bantu dalam rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu. Sirekap memiliki peran penting dalam merekam hasil pemilu secara utuh dan akan dipublikasikan melalui situs infopemilu.kpu.go.id. Betty juga mengingatkan operator Sirekap di seluruh Indonesia untuk menjaga kebersihan sistem informasi tersebut guna memastikan data yang akurat dan dapat dipercaya.

Rapat ini dihadiri oleh beberapa pejabat, antara lain Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pemilu Melgia Carolina Van Haring, jajaran Setjen KPU, serta secara daring Anggota KPU Provinsi/KIP Aceh, KPU Kabupaten/Kota yang membidangi Divisi Teknis dan Divisi Data, serta Operator Sirekap di seluruh Indonesia.

Dalam rangkaian persiapan Pemilu Serentak 2024, rapat koordinasi ini menjadi langkah penting dalam memastikan kelancaran dan transparansi proses pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara. Dengan melibatkan para anggota KPU dan berbagai pihak terkait, diharapkan bahwa Pemilu Serentak 2024 dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang akurat serta mewakili suara rakyat.

KPU tetap berkomitmen untuk melayani masyarakat dan menjaga integritas serta profesionalisme dalam penyelenggaraan pemilihan umum. Pemilu Serentak 2024 menjadi momentum penting dalam memperkuat demokrasi di Indonesia, dan KPU siap untuk melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

KPUMelayani #PemiluSerentak2024

  1. Apresiasi terhadap Transparansi: Masyarakat Tangerang mungkin mengapresiasi kegiatan KPU dalam membuka rapat koordinasi tersebut karena menunjukkan transparansi dan kejujuran dalam proses persiapan pemilu. Mereka bisa merasa yakin bahwa KPU melakukan upaya maksimal untuk menyelenggarakan pemilihan umum yang adil dan bebas dari kecurangan.
  2. Harapan akan Kelancaran Pemilu: Masyarakat Tangerang mungkin berharap bahwa rapat koordinasi tersebut akan membantu mengoptimalkan persiapan pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara dalam Pemilu 2024. Mereka berharap bahwa keterlibatan anggota KPU akan menyediakan pedoman yang jelas dan memastikan bahwa proses pemilu berjalan dengan lancar serta menghasilkan hasil yang akurat.
  3. Pertanyaan dan Keprihatinan: Beberapa masyarakat Tangerang mungkin memiliki pertanyaan atau keprihatinan terkait persiapan pemilu. Mereka mungkin ingin mengetahui lebih lanjut tentang tahapan-tahapan yang akan dilakukan, mekanisme pengawasan, atau upaya yang diambil untuk memastikan integritas pemilu. Mereka mungkin juga mengharapkan penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana peran Sirekap dalam rekapitulasi hasil pemilu.
  4. Dukungan dan Partisipasi: Sebagian masyarakat Tangerang mungkin merasa terpanggil untuk memberikan dukungan dan partisipasi aktif dalam pemilihan umum. Mereka mungkin merasa bahwa kegiatan KPU tersebut memotivasi mereka untuk menjadi pemilih yang sadar dan terlibat dalam proses demokrasi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *